Sunday 2 February 2014

Campak

Kali ini saya terluangkan waktu dengan ide mengenai Campak. Ide ini muncul karena pada hari ini juga, teman dekat saya sedang terkena campak. Jujur saja, dengan dangkalnya ilmu pengetahuan kesehatan saya, saya merasa sangat khawatir dengan keadaan dia. Semoga dengan adanya catatan dan sedikit informasi di bawah ini akan memberi efek positif bagi penderita atau orang-orang yang berada pada lingkungan penderita. Silahkan untuk di baca agar lebih jelas.

Campak merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus campak golongan Paramixovirus., dan hal ini yang menyebabkan campak sangat mudah untuk tertular.


Tanda-tanda orang terjangkit Campak :
- mata merah
- demam
- hidung meler
- batuk
- nyeri tenggorokan
- bercak di kulit (diikuti oleh rasa gatal)
- peradangan selaput ikat mata/konjungtiva

Gejala Campak :
Gejala mulai timbul dalam waktu 7-14 hari setelah terinfeksi, yaitu berupa: - Panas badan - nyeri tenggorokan, hidung meler, batuk, bercak merah di kulit, nyeri otot dan mata merah.
Sewkitar 2-4 hari kemudian muncul bintik putih kecil di mulut bagian dalam, serupa dengan sariawan. Bercak merah di kulit yang terasa agak gatal muncul sekitar 3-5 hari setelah timbulnya gejala diatas.
Pada awalnya, bercak muncul di wajah, yaitu bagian depan dan di bawah telingan dan leher bagan samping. Kemudian sekitar 1-2 hari bercak merah akan menjalar ke lengan, tubuh, dan kaki. Namun perlu diketahui bahwa di masa ini bercak di wajah akan mulai memudar.
Demam kecapaian, pilek, batuk dan mata yang radang dan merah selama beberapa hari diikuti dengan bercak merah yang mulai pada muka dan merebak ke tubuh dan ada selama 4 hari hingga 7 hari.
Pada puncaknya, penderita akan merasa gatal dan panas yang begitu, karena demamnya bisa sampai 40° Celsius. Setelah 3-4 hari kemudian, suhu badan penderita akan menurun dan berangsur-angsur akan membaik.

Pencegahan :
Biasanya caksin campak diberikan kepada anak  pada umur 9 bulan. Dalam bentuk MMR, dosis pertama diberikan pada usia 12-15 bulan, dosis kedua diberikan pada usia 4-6 tahun.

Dalam hal ini, tidak ada pengobatan khusus utuk penderita Campak. Sebaiknya penderita ini diwajibkan untuk istirahat. Untuk menurunkan demam, diberikan asetaminofen atau ibuprofen. Jika terjadi infeksi bakteri, diberikan antibiotik.

Yang perlu diketahui juga, dan pelu di syukuri juga. Berdasarkan riset oleh para ahli, penyakit infeksi campak ini hanya terjadi 1 kali dalam hidup si penderita. Karena biasanya orang yang pernah menderita penyakit akan maka seumur hidpnya akan kebal dengan virus tersebut.

0 komentar:

Post a Comment