Mail Merge
adalah suatu tools yang terdapat pada menu bar “Mailings” pada Microsoft Word.
Dimana dapat kita manfaatkan untuk membuat database dokumen. Misalkan kita
membuat undangan untuk 100 orang. Bukan berarti kita harus menulis surat
sejumlah 100 buah untuk 100 undangan. Kita cukup membuat satu buah surat, dan
untuk mengisikan nama dan alamat yang berbeda untuk tiap para undangan.
Mungkin
penjelasan ini kurang dapat di pahami. Lebih mudahnya, mari kita bersama
belajar membuat mail merge.
Langkah 1
--------------------------------------------------------------------------------------------
Kepada :
Alamat :
Di harapkan
kehadiran pada :
Pkl : 15.00 WIB
Di Gelora
Olahraga Kita
Atas
perhatinnya, kami ucapkan terimakasih.
Hormat kami
Panitia
---------------------------------------------------------------------------------------------
Langkah 2(membuat
mail merge)
- - Klik
menu bar Mailling
- - Klik
Start Mail Merge
- - Pilih
Letters
- - Kemudian
kita Klik Select Recipients
- - Pilih
Type New List
- Kemudian
akan muncul Windows seperti dibawah :
- Kemudian kita klik tombol “Customize Columns…”, karena kita hanya
membutuhkan 2 field, yaitu Nama dan Alamat
- - Setelah
kita klik tombol “Customize Columns…”, akan muncul kotak dialog seperti di
bawah,
- - Tugas
kita disini ilaha menghapus semua field yang ada, dengan cara klik tombol
“Delete”, dan akan muncul dialog pertanyaan seperti dibawah,
- Dan
kita bias lihat bahwa field “Title” telah hilang, dan lakukan hal tersebut
hingga field kosong, seperti gambar di bawah,
- - Kemudian
untuk mengisikan field “Nama” dan “Alamat”, kita klik tombol “Add”. Lihat
gambar di bawah,
- - Dan
seterusnya hingga field “Alamat”, dan klik OK
- Maka
akan muncul dialog seperti dibawah,
- - Di
dialog ini, kita akan mengisikan data atau nama dan alamt orang yang akan kita
undang, pilih “New Entry” (sebanyak kebutuhan kita), lalu klik OK
- Kemudian kita harus simpan data yang sudah kita inputkan, untuk nama terserah anda.
- Setelah
selesai kita membuat data, maka kita menginjak langkah selanjutnya.
Langkah 3
- - Menjalankan
mai merge kita, lihat gambar di bawah,
- Posisikan
kursor kita di isian Kepada, dan kita klik tombol “Insert Merge Field”, pilih “Nama”,
dan pilih “Alamat” untuk isian alamat, maka akan muncul otomatis seperti terlihat
gambar dibawah,
- - Kemudian
untuk menampilkan data, kita Klik tombol “Preview Result”, seperti gambar di
bawah,
- - Maksud
angaka satu adlah, merupakan data ke-1, dan untuk melihat berikutnya, klik
tombok Next, lihat gambar di bawah,
Dan
undangan siap di print tanpa harus merubah atau mengulangi penulisan surat.
Mungkin ada
beberapa diantara kita yang sedikit atau malah tidak paham dengan tutorial ini.
Diharap untuk maklum.
Selamat
Mencoba untuk teman-teman.
“Meski
Sedikit, Semoga bermanfaat… ^_^”
0 komentar:
Post a Comment