Friday 8 November 2013

Speedy dan ADSL

Bagi pembaca, mungkin ada sebagian yang sudah pernah mendengar kedua kata ini, ADSL dan Speedy. Kali ini, penulis mencoba berbagi mengenai pengertian dan beberapa hal yang berhubungan dengan Speedy dan ADSL. Lebih jelasnya, silahkan baca kutipan di bawah yang telah penulis susun.



Pengertian

ADSL adalah Asymmetric Digital Subscriber Line, yang merupakan salah satu jenis teknologi dari DSL.
Salah satu sifat atau cirri dari ADSL adalah simetrik, yang berarti bahwa data di transfer di transferkan dengan kecepatan yang berbeda dari satu segmen ke segmen lainnya.



Sejarah

Sebelum muncul teknologi ADSL kita terleih dahulu diperkenalkan dengan teknologi dial up . Yaitu teknologi internet yang mengandalkan saluran telephone dalam penghantran data. Dial up mempunyai kekurangan yang sangat signifikan, yaitu rendahnya kecepatan dalam akses internet, khususnya di jam-jam khusus, seperti saat waktu orang-orang bekerja, semakin banyak pengguna dial up, semakin rendah pula kecepatan akses data. Selain itu, dial up juga mempunyai kekurangan lain, yaitu mengenai mahalnya biaya yang harus kita keluarkan untuk mendapatkan layanan tersebut. Hal itu terjadi sedemikian rupa karena penghitungan biaya berdasarkan lamanya waktu yang kita gunakan. Jadi, pastilah akan menguras biaya yang tinggi.



Perkembangan

ADSL sendiri merupakan teknologi yang hampir sama dengan dial up, yaitu sama-sama menggunakan kabel tembaga sebagai penghantarnya. Namun jangan anggap remeh, ADSL tidak semata menggunakan kabel tembaga sama seperti telp, namun ADSL tercipta karena tersedianya perangkat DSLAM (DSL Acces Multiplexter). Hal ini yang memungkinkan ADSL menghantarkan data dengan kecepatan tinggi.  DSL menggunakan sinyal frekuensi hingga 1 mhz. Lain halnya untuk ADSL, sinyal frekuensi yang dipakai hanya berkisar antara 20 khz sampai 1 mhz. SpeedySpeedy adalah satu-satunya program layanan internet dari yang mengandalkan teknologi ADSL, dan merupakan produk dari perusahaan PT Telkom Indonesia.Saat ini di Indonesia memang sudah banyak yang menawarkan jasa internet, mulai dari paket selular hingga paket IP TV. Mulai dari frekuensi CDMA, GSM, hinga yang menggunakan media kabel fiber optic atau serat kaca.



Penggunaan

Speedy sangatlah cocok di pakai di kalangan masyarakat Indonesia. Sepertihalnya paket yang di tawarkan oleh Speedy yaitu kecepatan dengan downstream 1024kbps dan upstream 128kbps. Kecepatan tersebutlah yang sesuai dengan aktifitas orang-orang Indonesia pada umumnya, yaitu lebih sering dengan aktifitas download dibanding dengan kegiatan upload.Syarat agar kita dapat menggunakan teknologi ADSL ini adalah, kita wajib mempunyai saluran telepon rumah yang disediakan oleh PT Telkom Indonesia, dan memiliki perangkat ADSL.Pemasangan ADSL yang ideal adalah jarak yang tidak terhitung jauh dari gardu perangkat DSLAM Telkom. Karena semakin dekat kita dengan perangkat gardu DSLAM Telkom, maka akan semakin baik pula kualitas jaringan ADSL kita. Untuk menyambungkan ADSL dan line telephone, kita menggunakan perangkat pemisah antara frekuensi telepon dan ADSL yang disebut Splitter. Splitter ini berguna untuk menghilangkan gangguan ketika kita menggunakan modem ADSL. Sehingga nantinya kita tetap dapat menggunakan Internet dan menjawab telepon secara bersamaan.


Kelebihan ADSL
  • menggunakan pembagi frekuensi menjadi dua, yaitu frekuensi rendah untuk menghantarkan voice atau telepon dan fax, dan frekuensi tinggi untuk menghantarkan paket data.
  • penggunaan ADSL di Indonesia sangat menguntungkan bagi penggunanya, karena hal ini akan memangkas biaya menjadi lebih murah dari pada penggunaan dial up.

Kekurangan ADSL
  • satu hal yang sangat berpengaruh mengenai kualitas jaringan ADSL adalah jarak. Karena ketika jarak lokasi kita dengan gardu DSLAM Telkom semakin jauh, maka akan semakin lambat pula kecepatan kita untuk mengakses internet.




Berikut Gambaran Network ADSL hingga ke pengguna.

0 komentar:

Post a Comment