Wednesday 6 November 2013

Rumus SUM pada Microsoft Excel

Rumus SUM dapat kita gunakan untuk menghitung jumlah secara beruntun. Artinya, dengan rumus SUM ini kita bisa menjumlahkan banyak nilai dalam range cell.

Format penulisan SUM adalah sebagai berikut :
=sum(number1;number2…)
Number1, Number2 adalah alamat cell yang akan kita jumlahkan secara beruntun.
Misal, kita menuliskan  =sum(1,2,3,4,5) itu artinya sama dengan kita menjumlahkan 1+2+3+4+5


Langsung saja kita ke kasus sebagai berikut, kita mempunyai data sebagai : 

Dari data tersebut, akan mencari Jumlah Harga dan Jml Total.
Jumlah Harga = Berat(kg) * Harga/kg
Jml Total = jumlah keseluruhan Jumlah Harga
Untuk menghitung Jumlah Harga kita gunakan rumus perkalian, yang sudah kita bahas sebelumnya.
Dan untuk Jml Total, akan kita gunakan rumus SUM.


Lihat gambar berikut untuk melihat rumus Jumlah Harga

Dan selanjutnya kita drop, dan kita sudah mendapatkan Jumlah Harga seperti gambar di bawah.

Dan berikut rumus SUM untuk menentukan Jml Total.

Dan, sekarang kita sudah mendapatkan Jml Total.

Mudah Bukan ? 

Selamat belajar teman.





0 komentar:

Post a Comment